WELCOME

Get Gifs at CodemySpace.com

Rabu, 15 Februari 2012

geografi

RINGKASAN
- Agama hindu mempunyai 3 dewa yang senantiasa di puja, yang lebih di kenal dengan nama tri murti, yaitu dewa brahma (dewa pencipta), dewa wisnu (dewa pelindung), dan dewa syiwa (dewa perusak).
- Tujuan yang hendak dicapai oleh agama hindu adalah Moksha, yaitu terbebas dari dilahirkan kembali.
- Pembentukan kasta dalam agama hindu mempunyai tujuan utama menjaga kemurnian ras bangsa arya yang dianggap ras paling baik, dibandingkan dengan ras dravida yang dianggap lebih rendah.
- Pada awalnya, Budha bukan sebuah agama, tetapi hanya merupakan suatu paham baru dalam agama hindu yang disebut Budhisme, yang muncul sebagai protes pada perbedaan kasta.
- Dalam konsep agama budha, hidup adalah menderita, dan penderitaan itu terjadi karena ketidaktahuan manusia akan kebenaran yang hakiki.
- Penganut agama budha percaya bahwa tujuan hidup manusia di dunia adalah menghentikan reinkarnasi, karena penderitaan yang sebenarnya adalah jika seseorang terus-menerus mengalami reikarnasi atau selalu dilahirkan kembali ke dunia.
- Proses masuknya agama hindu dan budha masuk ke Indonesia, melalui hubungan perdagangan Indonesia denngan India.
- Sebelum pengaruh hindu dan budha masuk ke Indonesia, sebenarnya Indonesia masih mempunyai adat istiadat,kebiasaan, dan kepercayaan yang dipelihara, hidup dan berkembang ditengah-tengah masyarakat. Sehingga agama dan kebudayaan yang masuk disesuaikan dengan kebudayaan dan kepercayaan Indonesia.
- Pengaruh hindu dan budha telah membaur menjadi satu dengan kepercayaan dan keyakinan yang telah ada sebelumnya sehingga makin memperkaya khasanah budaya bangsa Indonesia.
- Peninggalan sejarah zaman kerajaan yang bercorak hindu maupun budha, merupakan bukti nyata adanya sejarah masa lalu. Peninggalan-peninggalan tersebut sangat berharga, karena dari peninggalan itu kita semua dapat mempelajari apa yang sebenarnya terjadi, kapan, dimana, siapa yang berkuasa waktu itu, dan sebagainya.
- Peninggalan sejarah dapat berupa batu tertulis, patung, candi, rontal, kitab, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar